PERSIAPAN SKUAD MUDA ITALIA HADAPI PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Info Liga Bola, Italia – Timnas Italia atau lebih dikenal dengan Team Azzurri telah mempersiapkan skuat terbaiknya untuk menatap datangnya Piala Dunia 2018 di Rusia. Team Azzurri kali ini datang ke Rusia dengan para pemain muda atau bisa disebut Generasi Baru Gli Azzurri.

Total sudah empat kali pasukan Gli Azzurri membawa pulang trofi Piala Dunia ke Italia. Empat trofi Piala Dunia itu dimenangkan Italia di tahun 1943, 1938, 1982, dan 2006. Catatan itu hanya kalah dari Brasil yang telah mengoleksi lima gelar juara Dunia.

Baca Juga :

 

Meski tak secemerlang di ajang Piala Dunia, prestasi Italia di ajang Euro juga tak bisa dianggap enteng. Tim Azzurri sudah satu kali memenangkan kompetisi antar negara Eropa ini di tahun 1968, dan menjadi runner-up sebanyak dua kali yakni di tahun 2000 dan 2012 lalu.

Namun, Italia tak lagi bisa merengkuh gelar juara setelah Piala Dunia tahun 2006 lalu. Bahkan, prestasi mereka di dua ajang Piala Dunia terakhir sungguh buruk. Baik di Piala Dunia 2010 dan 2014, pasukan Italia gagal lolos dari fase grup.

Prestasi buruk itu sepertinya akan segera berakhir jika kita melihat kondisi terkini skuat Italia yang banyak dihuni pemain muda yang sangat potensial di semua lini.

PENJAGA GAWANG/KIPER
foto pemain bola jpg

Di posisi ini Gianluigi Buffon praktis tak tergantikan sejak ia pertama kali menjadi kiper utama Italia di Piala Dunia 2002 lalu. Namun, di usianya yang sudah senja (39 tahun) Buffon tak perlu khawatir dengan kapasitas peggantinya.

Nama-nama kiper muda seperti Gianluigi Donnarumma, dan Alex Maret yang tampil mengesankan bersama klub masing-masing bisa menjadi jaminan akan sulitnya gawang Italia di bobol di masa depan. Selain dua nama itu, masih ada juga nama kiper Genoa, Mattia Perin.

PEMAIN BERTAHAN/BEK
pemain bertahan gli azzurri

Dalam beberapa tahun terakhir, Italia kerap memainkan formasi 3 bek, dan para bek Juventus selalu merajai posisi ini. Namun, kini usia Bonucci-Chiellini-Barzagli sudah menua dan siap digantikan oelh pemain lain meski ketiga pemain itu juga masih mendapatkan tempat di timnas.

Nama-nama bek muda seperti Alessio Romagnoli, Mattia Caldara, dan Daniele Rugani diprediksi akan menjadi pilar utama Italia di masa mendatang.

PEMAIN TENGAH/MIDFIELD

pemain tengah italy

Sejak ditinggal Pirlo pensiun dari Tim nasional jelang Euro 2016 lalu, Italia memang kesulitan menemukan metronom sekaligus playmaker seperti Pirlo. Marco Verratti selama ini sendirian diandalkan untuk menggantikan pemain yang kini memperkuat New York City itu.

Namun, kini Verratti tak akan sendirian lagi karena sudah ada nama pemain muda milik Inter, Roberto Gagliardini. Pemuda berusia 22 tahun itu tampil gemilang ketika pertama kali mendapatkan menit bermain di timnas senior Italia beberapa waktu lalu.

PENYERANG/STRIKER

penyerang Gli azzurri

Di posisi ini, pilhan pelatih Gian Piero Ventura jauh lebih banyak lagi. Di posisi penyerang, Italia memiliki  Andrea Belotti dan Ciro Immobile yang tengah bersaing menjadi top skorer Serie A musim ini.

Selain kedua nama yang sudah tak asing itu, masih ada juga nama-nama lain seperti penyerang Atalanta, Andrea Petagna, bintang baru Southampton, Manolo Gabbiadini. Jangan lupa juga dengan pemain Juventus yang sedang dipinjamkan ke Valencia, Simone Zaza dan bintang muda Sassuolo, Domenico Berardi.

Dengan modal skuat seperti itu bukan tak mungkin Italia akan kembali tampil hebat di ajang Piala Dunia Rusia yang akan berlangsung satu tahun lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*